Survei: elektabilitas Bima Arya masuk tiga besar

survei pertama agar pilkada kota bogor 2013 dan dilaksanakan lembaga smart-pol menempatkan ketua dpp partai amanat nasional bima arya selama tiga besar pada tingkat elektabilitas serta keterpilihan.

dia (bima arya) meraih 6,47 persen, serta masuk tiga sulit selama tingkat elektabilitasnya, setelah wakil wali kota bogor ahmad ru`yat dan artis syahrul gunawan, tutur direktur riset smart-pol syahril ilhami selama bogor, jawa barat, jumat sore.

smart-pol adalah lembaga survei dan bergerak dalam jenis survei, marketing serta politik, dalam mana penelitinya sebagian besar adalah mahasiswa pascasarjana institut pertanian bogor.

didampingi direktur politik auhadillah, saat memaparkan hasil survei pra-pilkada kota bogor 2013--2018, ia menjelaskan bahwa selama rangka menyambut proses demokratisasi dan berlangsung pada kota bogor itu, maka smart-pol menggarap survei pra-pilkada yang diselenggarakan dalam 22-27 maret 2013.

ia menjelaskan bahwa teknik pengambilan sample menggunakan probability sampling (multi-stage random sampling.

jumlah responden sebanyak 458 pihak dari enam kecamatan serta 20 kelurahan se-kota bogor dan diselenggarakan terhadap masyarakat dari tingkat pendidikan tidak sekolah juga tidak tamat sd sampai sarjana.

Lainnya: cincin tunangan murah - cincin tunangan murah - cincin perak murah - cincin couple

pekerjaan responden mulai daripada petani/nelayan/buruh/tukang/pedagang sampai pelajar/mahasiswa, ibu properti tangga, pegawai juga profesional. sedangkan status ekonomi diambil dari seluruh strata, mulai kelas bawah, menengah dan atas.

syahril ilhami menjelaskan kiranya tokoh dan disurvei meliputi 59 nama, yang didapatkan menurut Informasi dan input daripada umum, tokoh partai, birokrat, public figur dan sumber Informasi yang lain.

menurut dia, banyak tiga kategori dan dipilih, yakni popularitas, akseptabilitas (penerimaan/kesukaan) juga elektabilitas.

berdasarkan elektabilitas, dengan demikian posisi tiga besar dari 15 nama dan angkanya 1 persen ke atas, dengan demikian urutannya pertama ditempati wakil wali kota achmad ru`yat (11,69 persen), kedua syahrul gunawan (9,95 persen) dan bima arya (6,47 persen.

popularitas artis

sementara itu, supaya kategori popularitas, dan dikerucutkan lagi pada posisi 15 sulit, kalangan penyanyi menempati posisi teratas.

posisi tiga sulit ditempati masing-masing dengan syahrul gunawan (58,46 persen), paranormal ki gendeng pamungkas (43,28 persen), serta ahmad ru`yat (37,81 persen).

untuk tingkat akseptabilitas, posisinya adalah syahrul gunawan (30,10 persen), ahmad ru`yat (22,30 persen) dan ki gendeng pamungkas (14,43 persen).

direktur politik smart-pol auhadillah menambahkan bahwa mereka telah siap melayani konsekuensi bahwa survei itu hendak ditanggapi beragam, baik dengan penduduk maupun bakal calon dan mau tambah besar.

itu risiko suatu survei, oleh karenanya kalau dituduh ada pesanan pun, kami siap. namun, kami melakukannya dengan standar survei dan mampu dipertanggungjawabkan, katanya.