Sayembara hotel "Prambanan" berhadiah ratusan juta

pt. taman wisata candi (twc) borobudur, prambanan dan ratu boko (persero) juga ikatan arsitektur indonesia (iai) menggelar sayembara pembuatan desain hotel prambanan yang hadiah utamanya senilai rp. 125 juta.

hotel tersebut nantinya ingin terletak dalam wilayah iii candi prambanan ataupun selama luar wilayah utama candi prambanan.

direktur pt. twc borobudur, prambanan juga ratu boko purnomo siswoprasetjo menyampaikan ketika ini twc memerlukan web inap atau hotel untuk melayani wisatawan domestik maupun asing, menyusul angka wisatawan twc semakin meningkat tiap tahunnya juga mutu layanan hotel dan ada pada sekitar candi prambanan masih kurang.

tak hanya itu, nantinya hotel tersebut juga mau menambah lapangan konsentari orang kurang lebih prambanan seperti wisata andong (kereta kuda), naik sepeda agar menikmati kampung prambanan, penambahan grup sendratari ramayana bahkan ada yang dipekerjakan dijadikan pegawai hotel.

Informasi Lainnya:

intinya apa pengunjung ingin menetap lebih berlalu dalam prambanan. pada sana (hotel), kita akan menunjukan budaya-budaya indonesia seperti tari, ujarnya ketika menggelar jumpa media dalam jakarta pada rabu (17/4).

ketua badan penghargaan serta sayembaraa iai ruben tangido menungkapkan hotel mau mempunyai multifungsi seperti ruang pertemuan, musium artifak juga perpustakaan.

peserta sayembara bisa diikuti arsitektur indonesia dan memiliki sertifikasi arsitektur madya.

saat ini audien yang daftar telah 20 pihak dan tak diharamkan arsitektur asing, ujarnya.

pendaftarannya sudah dibuka dari awal april juga hendak berakhir pada 13 mei 2013. hotel itu hendak berdiri pada atas lahan 3 hektar dengan ketinggian cuma 14 meter atau dua lantai.

persyaratannya, luas bangunan harus 60 persen serta lahan hijau seluas 40 persen juga bangunannya harus mencari struktur non-foot-print (pondasi tanpa mempunyai jejak).

pemenang hendak dilibatkan di pelaksanaan pengembangan rancangan ded (detail engineering design) selama tahap seterusnya.

tidak hanya berfungsi hotel, sementara ada ruang pertemuan, museum juga perpustakaan, kata ruben.

saat ini purnomo tidak mampu menyerahkan rincian dana investasi dan nama hotel tersebut menanti hasil sayembara desain diumumkan.

pembangunan hotel itu ingin diselenggarakan dalam oktober 2013 serta waktu pengerjaannya menelan masa 18 bulan.