Jepang tawarkan Indonesia teknologi peringatan bencana

pemerintah jepang menawarkan indonesia kerja sama di bidang teknologi info yang dapat memfasilitasi sebuah alarm atau peringatan dini terhadap penduduk tentang potensi terjadinya bencana alam.

menteri selama negeri dan komunikasi jepang yoshitaka shindo selama jumpa pers di jakarta, selasa, menyatakan pengalaman kedua negara di menghadapi bencana alam seperti gempa bumi juga tsunami telah melahirkan gagasan agar memperbaiki sistem penanggulangan bencana di kedua negara untuk dapat mencegah banyaknya korban jiwa.

kerjasama antara indonesia dan jepang pada mencari sistem peringatan dini itu merupakan langkah awal yang setelah itu bisa disebarluaskan ke berbagai asia.

menteri shindo menekankan pemerintah bertanggung jawab sepenuhnya terhadap sistem penanggulangan bencana alam serta juga keselamatan warganya.

Informasi Lainnya:

jepang ketika ini sedang bekerja keras supaya melindungi negara supaya lebih tahan bencana, serta apa yang diselenggarakan jepang bisa ditularkan ke indonesia, katanya.

salah Salah satu jenis teknologi dan disediakan jepang, papar shindo, merupakan peringatan dini bencana alam dan bisa memberitahukan potensi dan dampak bencana tersebut ke semua jaringan milik instansi tenntang, termasuk dan media massa.

di jepang kini ini, kalau ada gempa, berita itu segera disebar, dengan terlalu, dampak semisal adanya tsunami bisa disebarkan ke semua negara dalam 3 menit serta antisipasi langsung bisa diselenggarakan, katanya.

untuk menciptakan hal tersebut, tutur shindo, perlu dibangun sistem komunikasi dengan perangkat telepon juga komputer dan canggih untuk bisa menjangkau berbagai daerah terpencil.

kami bangun sistem telepon, juga elektronik agar membangun komunikasi itu, melalui kecanggihan ini diganakan juga komputer dan lebih tepat, katanya.

dalam memulai ditermpakannya teknologi tersebut, pemerintah kedua negara telah menggarap pendidikan kelayakan ke berbagai daerah. shindo menungkapkan dana supaya anggaran kerja sama ini belum difromulasikan dengan lengkap, tapi sumber dana dapat berasal dari pemerintah serta swasta.

untuk dana, kita pilih serta daripada sejauh mana diaplikasikannya teknologi jepang di indonesia, ujarnya.