PBB khawatir konflik Rohingya meluas ke ASEAN

perserikatan bangsa-bangsa menyerukan kekhawatirannya di jumat dalam jakarta perihal kemungkinan meluasnya konflik etnis rohingya di myanmar ke negara lain selama kawasan asia tenggara.

persoalan konflik horizontal di myanmar mampu berimplikasi ke kawasan sehingga persoalan itu membutuhkan pendekatan regional, kata penasihat khusus sekretaris jenderal pbb untuk myanmar, vijay nambiar.

diantara implikasi regional tersebut merupakan bentrok diantara pengungsi rohingya dengan nelayan ilegal myanmar dan terjadi pada medan dalam jumat dini hari yang menewaskan delapan pihak juga melukai belasan lainnya.

sebanyak 117 pengungsi rohingya juga nelayan ilegal myanmar ditampung di website dan sama, yakni properti detensi belawan, sebuah kota pelabuhan dalam provinsi sumatera utara.

Informasi Lainnya:

the associated press, mengutip pernyataan daripada kepolisian lokal, melaporkan kiranya insiden perkelahian tersebut dimulai ketika pengungsi rohingya berdebat dengan para nelayan perihal konflik sektarian selama negara asal mereka.

selain tersebut, persoalan regional lain yang ditampilkan tenntang dengan nasib pengungsi rohingya dan membanjiri bangladesh dan negara-negara asia tenggara.

pengungsi-pengunsi tersebut selama umumnya tidak membeli status kewarganegaraan dalam negara dan dituju. malahan di beberapa persentasi mereka mati kelaparan pada sedang laut seperti yang terjadi pada februari 2012.

konflik pada rohingya dengan karena itu membutuhkan penyelesaian dan melibatkan pendekatan regional, tutur nambiar.

sementara itu selama kesempatan yang sama, menteri luar negeri indonesia marty natalegawa mengatakan bahwa kondisi sebuah negara dan tidak stabil mampu adalah ancaman non tradisional terhadap negara lain dalam kawasan yang sama.

dengan itulah, ketidakstabilan yang terjadi dalam myanmar akibat konflik horizontal bisa adalah ancaman bagi negara-negara lain pada kawasan asia tenggara, tergolong di dalamnya indonesia.

pola ini secara prinsip juga berlaku terhadap negara-negara dalam asia tenggara, papar marty.

di myanmar sendiri, situasi masih memanas setelah terjadinya kerusuhan yang menewaskan 40 pihak selama kota praja meikhtila pada pekan lalu.