PD disarankan umumkan capres untuk elektabilitas

partai demokrat perlu langsung mempublikasikan bakal calon presiden (capres) menjelang pilpres 2014, agar partai yang dipimpin susilo bambang yudhoyono (sby) memiliki figur baru supaya meningkatkan elektabiltasnya, tutur pengamat.

jeffrie geovanie, board of advisor center for strategic and international studies (csis) pada keterangan tertulisnya pada jakarta, minggu, menyatakan, figur masih capres pd mau merupakan magnet elektoral masih yang mau mengatrol terserah elektabilitas partai demokrat.

peluang untuk berani mencari tokoh muda untuk bakal capres 2014, dalam antara partai-partai yang ada saat ini malahan ada selama partai demokrat, ujarnya.

menurut jeffrie, kejeniusan dan kejelian sby dalam menyaksikan usaha tersebut tak mesti disangsikan dulu. karena melalui berani menentukan tokoh muda dibuat bakal capres 2014, maka partai demokrat paling tidak ingin mampu bertahan selama jumlah 15 persen dalam survei elektabilitas,

Lainnya: Mencari Dealer Honda - Harga dan Informasi Mobil Honda - Mencari Dealer Honda

perolehan jumlah elektabiltas tersebut cukup alami untuk menempatkan partai demokrat untuk pemenang ke-4 dalam survei persepsi publik selama bawah pdip, gerindra dan golkar, katanya.

jeffrie mengatakan, figur muda dan dekat dengan sby ketika ini, diantara lain gita wiryawan, dino pati jalal, serta dibandingkan di partai demokrat ada figur seperti roy suryo.

sementara itu, peneliti maarif institute for culture and humanity, endang tirtana menyampaikan, terpilihnya sby untuk ketum dalam klb demokrat di (30/3) dan edhie baskoro tetap ebagai sekjen, menunjukkan keberadaan sistem paternalistik.

menurut endang, dualisme jabatan yang dipedang sby untuk presiden dan ketua umum partai, adalah strategi jangka pendek yang bagus bagi partai demokrat, supaya meredakan gejolak internal partai dan pada upaya untuk menaikkan elektabilitasnya supaya pemilu 2014.

akan sementara jika hal ini berpengaruh pada penurunan kinerja kepemimpinannya selama menjalankan target-target pembangunan, dengan demikian akan adalah tak efektif bagi partai demokrat, ujarnya.