Mahasiswa IBI Darmajaya ciptakan detektor jarak kendaraan

mahasiswa fakultas ilmu komputer ibi darmajaya, taufik hidayat, menciptakan rancang bangun sistem pendeteksi jarak dijadikan alat pemandu parkir pada kendaraan, untuk mampu dimanfaatkan dengan berbagai kendaraan.

menurut taufik, pada bandarlampung, jumat, kalau ceroboh di memarkirkan mobil, dengan demikian bumper mobil ingin mengalami lecet.

guna mengurangi kejadian tersebut, tutur dia, amat disarankan supaya kendaraan sudah terpasang sensor parkir dengan indikator-indikatornya yang dapat berupa display tampilan serta bunyi.

taufik memesan rancang bangun sistem pendeteksi jarak dibuat alat pemandu parkir pada kendaraan dengan sistem mikrokontroler dijadikan pengendali sistem utamanya.

Informasi Lainnya:

mahasiswa jurusan sistem komputer ibi darmajaya ini menunjukan, kemudian dibuat pendeteksi jarak, mencari modul sensor ultrasonic ping buatan parallax dan terdiri daripada tx (transmitter) dan rx (receiver).

sebagai output, dimanfaatkan sebuah lcd (liquid cristal display) agar mencari jarak, led juga sebuah buzzer supaya indikator bunyi.

hasil yang dibeli dari pembuatan prototype rancang bangun sistem pendeteksi jarak dijadikan alat pemandu parkir pada kendaraan, alat itu mampu digunakan untuk mengukur jarak parkir kendaraan.

jarak yang terukur ditampilkan ke lcd dalam satuan sentimeter dan statusnya semisal bagaimana apabila jarak yang terukur merupakan lebih besar dari 30 sentimeter.

pada lcd, melalui kondisi tersebut, ingin tertampil status kondisi : aman juga led tak menyala dan buzeer tak bunyi dibuat tanda masih pada jarak alami.

taufik memaparkan, apabila jarak yang terukur 29 sentimeter hingga 20 sentimeter, dengan demikian pada lcd ingin tertampil status kondisi: awas led kuning mau menyala serta buzzer bunyi tapi delay bunyi buzzer lebih lambat, serta jika jarak yang terukur merupakan 19 sentimeter hingga 0 sentimeter dengan begini mau tertampil status kondisi : bahaya led merah menyala dan didampingi bunyi buzzer dengan delay bunyi lebih segeralah.

wakil rektor jenis akademik juga riset ibi darmajaya, envermy vem msc, ditemani kepala jurusan sistem komputer yuni arkhiansyah skom mkom menegaskan bahwa pihaknya senantiasa mendukung segenap civitas akademika agar terus berinovasi serta berkontribusi kepada warga.

kami sangat bangga sejumlah mahasiswa menghasilkan karya ilmiah dan dapat menyerahkan sumbangsih, tak cuma bagi kampusnya namun dan terhadap lingkungan sekitarnya, katanya.

menurut envermy, dijadikan bentuk komitmen ibi darmajaya menciptakan lulusan dan berkompeten selama bidangnya serta berwawasan technopreneurship, kampus biru ini terus memotivasi mahasiswanya supaya menghasilkan karya ilmiah dan mampu memberikan kontribusi kepada penduduk.